Tuesday, August 12, 2014

Cara Cek Keyboard Error atau Tidak

cascuskomputer.blogspot.com


Berdasarkan pengalaman menggunakan laptop teman, kebanyakan keyboardnya sudah tidak nyaman digunakan lagi, banyak yang rusak atau bahkan mencet mencet sendiri. Banyak faktor yang jadi penyebab, tapi faktor utama yaitu debu yang masuk dalam sela-sela keyboard. Dan sebaiknya sering-sering dibersihkan menggunakan kuas keyboardnya biar tetep bersih dan tidak sering rusak.
Cara mengeceknya ada 2, yang pertama yaitu :

  1. Buka Notepad, atau aplikasi untuk menulis lainnya .
  2. Setelah itu tekan Shift kiri dan kanan secara bersamaan .
  3. Selanjutnya ketikan semua huruf dan angka yang ada pada keyboard (1 s/d 0 dan A s/d Z), tanpa melepaskan tombol SHIFT .
    tekan tombol Shift kanan dan kiri secara bersamaan lalu kemudian tekan semua tombol untuk mengecek apakah masih berfungsi atau tidak tombol keyboard.
  4. Coba dilihat kira-kira huruf apa saja yang tidak ada atau tidak tampil
cascuskomputer.blogspot.com


Cara ke 2, menggunakan aplikasi namanya Keyboard Tester.
Keyboard Tester adalah perangkat software yang digunakan untuk mengecek / menganalisa tombol pada keyboard (laptop / pc) yang rusak (jalan sendiri/mencet sendiri, atau tombol yang mati total).
Cara menggunakanya yaitu :

  • buka aplikasi Keyboard Tester
  • Pilih type keyboardnya
  • Terus tekan satu per satu tombol keyboard agan
  • Jika tombol keyboardnya rusak maka pada aplikasi status tombol tersebut akan menjadi merah, jika masih berfungsi dengan baik maka statusnya akan berwarna hijau.
Terus sama seperti langkah ke 1, bersihkan pada sela sela tombol yang rusak tersebut. supaya tombol yang rusak bisa pulih kembali. Selamat Mencoba

No comments :

Post a Comment