Thursday, May 22, 2014

Tips Hemat Energi Notebook / Laptop



Beberapa Tips cara yang tepat untuk menghemat energi Notebook kita adalah:


  • Atur Manajemen daya.
Manfaatkan fitur manajemen daya yang disediakan oleh sistem operasi Notebook kita. Bagi pengguna windows, coba klik Control Panel, Lalu cari Power Option. silahkan atur apakah, misalnya, Anda ingin layar notebook menjadi gelap jika tidak ada aktivitas selama 5 menit, atau masuk ke mode sleep apabila sudah idle lebih dari 10 menit.

  • Bikin hemat Performa CPU
Kecuali memang sangat membutuhkan performa maksimal dalam berkomputer, pertimbangkan untuk menghemat daya pemrosesan CPU kita. Caranya, bagaimana pengguna Windows, masuk ke Control Panel, pilih Power Options, Lalu klik Power Saver. Opsi ini dapat membantu memperpanjang daya tahan baterai ketika notebook sedang tidak tersambung dengan daya listrik.

  • Makin redup makin baik.
Backlight LCD adalah pemakan daya yang sangat rakus. Jadi turunkanlah tingkat kecerahanya hingga level terendah yang masih bisa Anda toleransi.

  • Tiadakan yang tidak penting.
Jarang memakai fitur WiFi atau Bluethooth? Matikan saja supaya mereka tidak lagi mencoba mencari cari koneksi yang ujung – ujungnya boros energi.

  • Colok yang perlu saja.
Boleh saja punya banyak perangkat ber-USB, tapi tidak perlu ditancapkan semuanya saat sedang tidak dibutuhkan.

  • Kurangi pemakaian optical Drive.
Punya banyak koleksi CD? Ingatlah bahwa memutar CD di notebook akan menyebabkan hard drive berputar yang berarti menambah daya. Hindarilah kebiasan ini dengan meng-copy-nya dulu ke sistem, baru dibuka.

  • Upgrade memori sistem.
Semua data yang digunakan Cpu akan disimpan oleh komputer ke dalam memori sistem atau sebagai memori virtual di hard drive. Nah, jika memori sistem ini dinaikkan, kebutuhan sistem akan hard drive memerlukan energi lebih banyak daripada memori sistem.

  • Hindari aplikasi grafis.
Tidak heran, karena sistem notebook akan menggunakan setting dengan performa tinggi ketika menjalankan aplikasi semacam ini. Alhasil, energi baterai terkuras habis dengan cepat.

  • Rutin si defrag
Buatlah Hard Drive kita bekerja seefisien mungkin dengan menjalankan defrag secara rutin. Tapi sebelum memulai, pastikan sudah menyambungkan notebook Anda ke catu daya listrik.

Selamat Mencoba ^_^ Y

No comments :

Post a Comment